Saturday, July 2, 2011

The Science of Luck

Buku The Science of Luck merupakan karangan Bong Chandra. Buku ini menjelaskan keberuntungan bukan dari sisi spiritual, melainkan sisi ilmiah. Saya barusan selesai membacanya dan akan menyajikannya per poin.

Nah readers, berikut intisarinya :

- Pernahkan anda merasakan hari sial atau hari beruntung? Good day dan Bad Day itu merupakan sebuah pola. Jika pada pagi harinya anda bangun dan merasakan segala sesuatu berjalan dengan tidak baik alias bad day, hancurkan pola tersebut. Ibaratnya, ketika anda sedang asyik bercerita dengan teman, dan sebuah suara petir yang keras membuat anda terkejut, tentunya setelah itu, anda akan lupa sampai dimana cerita anda, dan suasananya bisa menjadi berbeda dengan sebelumnya. Itulah pola keasyikan anda telah dihancurkan oleh suara petir tadi. Jadi, kalau sedang bertemu dengan kesialan, hancurkan pola kesialan itu, misalnya dapat melakukan hal-hal yang sama sekali tidak berhubungan : mendengar musik keras, dance, nyanyi, lari/jogging, dan sebagainya.

- Bangunlah rasa layak untuk mendapatkan apa yang anda inginkan. Rasakan bahwa anda layak mendapatkannya, dan bahkan telah bersiap-siap untuk mendapatkannya.

- Jangan meremehkan hal-hal kecil. Jangan sia-siakan peluang kecil yang datang kepada anda. Terimalah segala rezeki, baik rezeki yang kecil maupun yang besar. Perhatikan Detail, karena terdapat peluang dalam setiap detail.

- "Segala Sesuatu akan indah pada waktunya, Bila kita Menabur pada Waktunya." Jangan hanya menunggu secara pasif, tetapi aktiflah. Kita berusaha sesuai kemampuan kita, melaksanakan porsi usaha kita, dan Tuhan akan melaksanakan bagiannya. Intinya jangan hanya menunggu secara pasif.

- Pakailah daya ungkit waktu, daya ungkit nilai, daya ungkit manusia. Banyak hal dapat dijadikan daya ungkit.

- Tuhan terkadang memberikan ujian kecil kepada kita untuk mengetahui apakah kita siap menerima sesuatu yang besar. Tetaplah bersemangat dan keberuntungan akan mendekati anda.

- Milikilah attitude yang benar. Ada 4 cara untuk menciptkan keberuntungan anda secara ilmiah :
Selalu mengambil inisiatif, Usahakan selalu bertumbuh dan berubah ke arah yang lebih maju dan baik, Selalu berprasangka baik, Ubahlah kelemahan menjadi kekuatan.

- Milikilah sense of crisis lewat pikiran, tindakan, dan pilihan anda. Sense of crisis yaitu kita harus merasa peka dengan sekililing kita. Prinsip yang dipegang pak Bong : "Expect the best, plan for the worst, and do whatever it takes." Rencakan dulu yang terburuk untuk menghasilkan yang terbaik.
Ciptakan krisis lewat pikiran : anggaplah setiap hari anda adalah hari terakhir anda mengerjakannya dan lakukanlah yang terbaik
Ciptakan krisis lewat Tindakan : Jangan menyerah, tetaplah berjuang
Ciptakan krisis lewat pilihan : Jangan membuat plan B, karena plan B berarti anda merasa plan A akan gagal. Jadi, dengan tidak adanya plan B, berarti hanya ada satu plan yang harus anda sukseskan. Bagaimanapun anda harus sesuaikan dengan kondisi, bersikaplah fleksibel.

- Keberuntungan selalu menghampiri orang yang bergerak, orang yang aktif, bukan pasif.

- Anda dapat mengubah sesuatu untuk menciptakan keberuntungan bila sesuatu tersebut dapat diukur. Risetlah bisnis anda, dan aplikasikan sesuai dengan hasil riset anda. Keberuntungan akan datang apabila segala sesuatu telah berjalan denbgan baik.

- Pancing keberuntungan dengan hal-hal kecil. Jangan meremehkan hal-hal dan peluang kecil, karena bisa jadi itu tempat pijakan anda untuk sebuah keberuntungan yang besar.

- Daur ulang keberuntungan yang pernah anda raih. Misalnya, anda pernah memenangkan sebuah pertandingan. Untuk pertandingan selanjutnya, bayangkanlah kemenangan anda dulu sehingga akan menumbuhkan rasa percaya diri dan akhirnya anda siap untuk menang lagi.

Anda dapat membaca buku Science of Luck selengkapnya, karena terdapat lebih banyak contoh yang membuat anda lebih mengerti.

Good Luck Guys!

No comments:

Post a Comment