Sunday, July 17, 2011

Menghasilkan Uang dengan Kamera

Menghasilkan banyak uang untuk seorang profesional di bidang fotografi tentu merupakan hal yang wajar. Sebagai seorang yang sudah pro, anda tentu akan mendapat bayaran yang tinggi untuk foto yang anda hasilkan. Anda dapat memulai karier anda sebagai fotografer profesional, membuka  studio foto, bekerja sebagai fotografer untuk majalah, iklan, koran. Banyak tempat dan peluang terbuka untuk seorang fotografer profesional.

Namun, bagi anda yang bukan profesional dimana fotografi hanya merupakan hobi dan belum anda kembangkan secara fokus, anda juga dapat segera menghasilkan uang dari hobi anda tersebut. Jangan sia-siakan hobi anda. Sebaliknya, buatlah hobi anda menjadi produktif.

Anda yang merupakan amatur, yang sekedar memotret untuk kesenangan dan hobi, dengan perlengkapan fotografi yang seadanya,tetapi dapat menghasilkan kualitas foto yang cukup bagus, berbahagialah karena peluang usaha untuk segmen ini ada.

Beberapa peluang yang bagus untuk para amatur atau non-profesional adalah :
-          Koran lokal
-          Majalah lokal / majalah spesialis yang membahas tentang hobi
-          Perumahan
-          Internet
-          Jasa fotografi buat acara tertentu, seperti acara ulang tahun, pernikahan
-          Foto keluarga Outdoor

Koran lokal yang belum begitu terkenal membutuhkan jumlah foto yang cukup banyak, namun tentunya akan mahal untuk membayar seorang fotografer profesional. Inilah peluang anda. Anda dapat menjual foto anda yang original kepada mereka. Anda dapat mencari foto yang bagus tentang peristiwa-peristiwa penting untuk dikirimkan kepada redaksi koran tersebut.

Majalah lokal yang baru tentu juga akan merasa kemahalan untuk membayar fotografer profesional. Anda dapat menjadi fotografer untuk majalah seperti ini. Jangan mencari majalah yang sudah sangat terkenal karena tentunya mereka menggunakan jasa yang profesional. Anda juga dapat memilih majalah yang mempunyai konsentrasi pada bidang tertentu, seperti otomotif, fashion, dan gaya hidup lainnya. Carilah bidang yang anda sukai untuk diambil gambarnya dan jual foto anda kepada majalah dalam bidang tersebut, atau anda dapat menawarkan diri untuk menjadi freelance photographer.

Anda juga dapat menjadi fotografer untuk perumahan yang baru dibangun. Mungkin anda bisa berjalan-jalan ke suatu perumahan yang baru dibangun dan menghasilkan beberapa foto yang bagus dari rumah-rumah disana. kemudian, anda dapat menawarkannya kepada developer atau marketing property tersebut.  Jika foto anda menarik, maka bukan tidak mungkin foto anda akan dijadikan bahan untuk mengiklankan perumahan mereka. Tentunya anda akan mendapatkan bayaran yang lumayan, apalagi kalau perumahannya jadi laku karena foto anda di iklannya.

Internet juga merupakan sumber yang bagus untuk menghasilkan uang dengan kamera anda. Ada beberapa website yang menawarkan tempat untuk menjual foto yang berkualitas. Contohnya, www.fotolia.com. Website ini adalah tempat membeli dan menjual foto. Jadi, anda tinggal mengupload foto anda saja dan ketika ada yang tertarik, maka anda akan mendapatkan royaltinya.

Mungkin anda dapat menawarkan jasa anda untuk mendokumentasikan acara-acara tertentu, seperti ulang tahun sweet seventeen ataupun pernikahan. Biasanya pesta sweet seventeen dan pernikahan tidak akan mau dilewatkan begitu saja. Anda dapat menyebarkan kartu nama ataupun brosur untuk menggunakan jasa fotografi anda pada acara tersebut.

Jika foto studio yang ternama dan besar menawarkan jasa foto keluarga dengan harga yang mahal, maka anda dapat menawarkan harga yang berbeda. Anda dapat menyebarkan jasa untuk menghasilkan foto keluarga outdoor, berhubung anda belum mempunyai ruangan untuk foto indoor. Foto outdoor dapat dilakukan dimana-mana, seperti pantai cermin, brastagi, simalem. Tentunya dengan pemandangan yang indah dan kualitas foto yang bagus, jasa fotografi keluarga anda akan menyebar dan anda dapat menghasilkan banyak uang.

Usaha apapun jika dilakukan dengan konsisten dan fokus pasti akan bertumbuh. Jika jasa fotografi anda telah berkembang, maka anda yang semula hanya melakukan fotografi karena hobi dapat menghasilkan banyak uang. Peluang usaha yang hebat bagi seorang yang hobi fotografi.

No comments:

Post a Comment