Wednesday, January 19, 2011

Bisnis Bibit Minyak Wangi

Kunci sukses :
Menonjolkan merek ternama dunia seperti Polo, Channel 5, Chabarot, dan sebagainya..

Daya tarik :
Tidak perlu mendatangkan bahan baku dari luar negeri. Bisa meracik sendiri.

Bagaimana cara membuatnya?
Bibit minyak wangi tinggal diracik dengan bahan-bahan serupa yang dipakai merek terkenal. Harganya sekitar Rp 100.000 per bibit. Jangan salah, biar murah, bibit minyak wangi yang beredar di sini masih didominasi produk asing. Tak heran kalau harganya lumayan mahal. Ambil contoh, merek Chabarot oleh importirnya, bibit buatan Prancis bisa dilego Rp 400.000 - 1,9 juta per kilogram.
Masih terasa mahal? Jangan khawatir, produk lokal juga ada dengan harga yang jauh lebih murah., Sebut saja merek Labor yang diproduksi Nilam Widuri Lab. Harganya per kilogram cuma Rp 200.000 - Rp 400.000. Mau membeli eceran juga boleh. Patokan yang ditentukan terbagi menajdi oembeli biasa dan pedagang. Bagi konsumen langsung, ia mematok harga Rp 1.300 - Rp 2.600 per cc. Untuk pedagan jauh lebih murah, Rp 850 - Rp 2.100 per cc.

Bagaimana memulai usaha ini?
a. Siapkan bibit untuk dicampur dengan cairan pengecer agar menghasilkan minyak wangi.
b. Pilih jenis cairan pengencer, seperti heksilin glycol, metanol, propylene glycol, alkohol, dan air wangi - yaitu alkohol khusus untuk minyak wangi. Komposisi campuran yang ideal antara bibit minyak wangi dengan pengencer yaitu 1 : 1. Kalau mau menambah pengencernya bisa saja, cuma wanginya menjadi tidak tahan lama. Harga pengecer cukup beragam. Alkohol kelas satu harganya Rp 13.000 per liter. Yang kelas dua cuma Rp 4.000. Harga heksilin glycol berkisar Rp 20.000 - Rp 25.000
c. Amati botol tester dari tiap-tiap konter parfum di pertokoan. Di belakang botol itu tertulis komposisi minyak wangi tersebut. Dengan cara itu anda bisa meracik ramuan parfum dari merek terkenal mana pun.
d. Sebelum meracik, siapkan bermacam-macam botol minyak wangi merek terkenal seperti Polo, Channel 5, Issey Miyake, Bvlgari, dengan harga Rp 10.000 - Rp 50.000 per botol. Kalau mau lebih mirip dengan aslinya, anda juga bisa melengkapinya dengan dus atau kain flanel pembungkus untuk jenis-jenis tertentu. Jadi, konsumen yang sudah terbiasa menggunakan merek terkenal, tapi tidak mampu lagi membelinya tetap bisa bergaya dengan parfum aspal sewangi aslinya.
e. Untuk mendapatkan botol minyak wangi yang asli, pemulung langsung mengumpulkan dari rumah ke rumah. Pengepul botol biasanya mempunyai sales yang akan menawarkan botol-botol ini kepada para pedagang minyak wangi. Malah, sekarang banyak botol lokal yang dibuat mirip dengan parfum asli.

Bagaimana Cara Penjualannya ?
a. Buatlah brosur kecil-kecil yang diletakkan di warung-warung, kos-kosan, maupun di kantin kampus. Bila perlu, anda bisa membuat sampel kecil-kecil yang diberikan secara cuma-cuma. Tentu saja, untuk produk sampel ini, anda harus memilih konsumen yang potensial
b. Pastikan gerai anbda bersih dan nyaman. Pastikan para pengunjung akan merasa nyaman untuk membeli, dan akan merasa nyaman untuk tinggal sejenak di gerai anda. Jangan lupa memajang botol-botol parfum anda di meja atau etalase supaya orang tahu persis minyak wangi apa saja yang anda jual.
c. Anda bisa mempekerjakan sales untuk bertugas menjajakan minyak wangi bagi para konsumen. Sales biasanya bersifat lepas. Pihak pedagang jarang sekali yang mau memberikan kredit untuk penjualan kepada mereka. Padahal, tak jarang seorang sales justru memberikan kredit kepada pembelinya. Semakin pintar sales meyakinkan pembeli bahwa minyak wanginya ini bermutu baik, maka harga bisa dinaikkan. SOalnya, kalau dijual terlalu murah, konsumen bisa ragu dengan kualitasnya.

2 comments:

  1. Terima kasih infonya gan.
    Lumayan buat nambah wawasan.

    Gema Parfum :
    Merk minyak wangi terkenal.

    ----------

    ReplyDelete
  2. Terima kasih infonya gan.
    Lumayan buat nambah warisan.

    ReplyDelete